Bahasa Indonesia Aprilia kartikasari

ini hanya blog sederhana namun kaya akan makna

Ciri-ciri syair antara lain : 1. Setiap bait terdiri dari empat baris. 2. Setiap baris terdiri atas 8-14 suku kata. 3. Bersajak a-a-a-a. 4. Semua baris adalah isi. 5. Bahasanya biasanya kiasan. Menurut isinya, syair dapat dibagi menjadi : 1. Syair Panji Syair Panji menceritakan tentang keaadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berasal dari isana. Contoh syair panji adalah Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri bernama Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan. 2. Syair Romantis Syair Romantis berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita alipur laram hikayat, maupun cerita rakyat. Contoh syair romantis yakni Syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah dibuang ibunya. Setelah beberapa lama ia dicari Putra Bangsawan (saudaranya) untuk bertemu dengan ibunya, Pertemuan pun terjadi dan akhirnya Bidasari memaafkan ibunya, yang telah membuang dirinya. 3. Syair Kiasan Syair Kiasan berisi tentang percintaan ikan, burung, bunga atau buah-buahan. Percintaan tersebut merupakan kiasan atau sindiran terhadap peristiwa tertentu. Contoh syair kiasan adalah Syair Burung Pungguk yang isinya menceritakan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat, atau seperti perumpamaan "seperti pungguk merindukan bulan" 4. Syair Sejarah Syair Sejarah adalah syair yang berdasarkan peristiwa sejarah. Sebagian besar syair sejarah berisi tentang peperangan. Contoh syair sejarah adalah Syair Perang Mangkasar (dahulu bernama Syair Sipelman), berisi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda. 5. Syair Agama Syair Agama merupakan syair terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu: (a) syair sufi, (b) syair tentang ajaran Islam, (c) syair riwayatcerita nabi, dan (d) syair nasihat. Perlu kita ketahui, setiap syair pasti mengandung pesan tertentu. Pesan tersebut dapat kita simpulkan setelah memahami isi sebuah syair. Contoh syair agama : Syair Perahu, Syair Dagang (banyak yg bilang karangan Hamzah Fansuri, tapi para ahli membantahnya), Syair Kiamat, Bahr An-Nisa, Syair Takbir Mimpi, Syair Raksi

Macam-macam Hikayat berdasarkan isinya, diklasifikasikan menjadi 6 : 1. Cerita Rakyat 2. Epos India 3. Cerita dari Jawa 4. Cerita-cerita Islam 5. Sejarah dan Biografi 6. Cerita berbingkat Macam-macam Hikayat berdasarkan asalnya, diklasifikasikan menjadi 4 : 1. Melayu Asli Hikayat Hang Tuah (bercampur unsur islam) Hikayat Si Miskin (bercampur unsur isl;am) Hikayat Indera Bangsawan Hikayat Malim Deman 2. Pengaruh Jawa Hikayat Panji Semirang Hikayat Cekel Weneng Pati Hikayat Indera Jaya (dari cerita Anglingdarma) 3. Pengaruh Hindu (India) Hikayat Sri Rama (dari cerita Ramayana) Hikayat Perang Pandhawa (dari cerita Mahabarata) Hikayat Sang Boma (dari cerita Mahabarata) Hikayat Bayan Budiman 4. Pengaruh Arab-Persia Hikayat Amir Hamzah (Pahlawan Islam) Hikayat Bachtiar Hikayat Seribu Satu Malam Ciri-ciri Hikayat : 1. Anonim : Pengarangnya tidak dikenal 2. Istana Sentris : Menceritakan tokoh yang berkaitan dengan kehidupan istana/ kerajaan 3. Bersifat Statis : Tetap, tidak banyak perubahan 4. Bersifat Komunal : Menjadi milik masyarakat 5. Menggunakan bahasa klise : Menggunakan bahasa yang diulang-ulang 6. Bersifat Tradisional : Meneruskan budaya/ tradisi/ kebiasaan yang dianggap baik 7. Bersifat Didaktis : Didaktis moral maupun didaktis religius (Mendidik) 8. Menceritakan Kisah Universal Manusia : Peperangan antara yang baik dengan yang buruk, dan dimenangkan oleh yang baik 9. Magis : Pengarang membawa pembaca ke dunia khayal imajinasi yang serba indah Kirimkan Ini lewat Email

Unsur-unsur puisi meliputi struktur fisik dan struktur batin puisi Struktur Fisik Puisi Struktur fisik puisi terdiri dari: Perwajahan puisi (tipografi), yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-hal tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi. Diksi, yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Karena puisi adalah bentuk karya sastra yang sedikit kata-kata dapat mengungkapkan banyak hal, maka kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata. Imaji, yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan (visual), dan imaji raba atau sentuh (imaji taktil). Imaji dapat mengakibatkan pembaca seakan-akan melihat, medengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair. Kata konkret, yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji. Kata-kata ini berhubungan dengan kiasan atau lambang. Misalnya kata kongkret “salju: melambangkan kebekuan cinta, kehampaan hidup, dll., sedangkan kata kongkret “rawa-rawa” dapat melambangkan tempat kotor, tempat hidup, bumi, kehidupan, dll. Gaya bahasa, yaitu penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Bahasa figuratif menyebabkan puisi menjadi prismatis, artinya memancarkan banyak makna atau kaya akan makna. Gaya bahasa disebut juga majas. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars pro toto, totem pro parte, hingga paradoks. Rima/Irama adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi. Rima mencakup: Onomatope (tiruan terhadap bunyi, misal /ng/ yang memberikan efek magis pada puisi Sutadji C.B.), Bentuk intern pola bunyi (aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi bunyi [kata], dan sebagainya Pengulangan kata/ungkapan. Ritma merupakan tinggi rendah, panjang pendek, keras lemahnya bunyi. Rima sangat menonjol dalam pembacaan puisi. Struktur Batin Puisi Struktur batin puisi terdiri dari Tema/makna (sense); media puisi adalah bahasa. Tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna, maka puisi harus bermakna, baik makna tiap kata, baris, bait, maupun makna keseluruhan. Rasa (feeling), yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair, misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia, pengalaman sosiologis dan psikologis, dan pengetahuan. Kedalaman pengungkapan tema dan ketepatan dalam menyikapi suatu masalah tidak bergantung pada kemampuan penyairmemilih kata-kata, rima, gaya bahasa, dan bentuk puisi saja, tetapi lebih banyak bergantung pada wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan kepribadian yang terbentuk oleh latar belakang sosiologis dan psikologisnya. Nada (tone), yaitu sikap penyair terhadap pembacanya. Nada juga berhubungan dengan tema dan rasa. Penyair dapat menyampaikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, menyerahkan masalah begitu saja kepada pembaca, dengan nada sombong, menganggap bodoh dan rendah pembaca, dll. Amanat/tujuan/maksud (itention); yaitu pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca

Pembahasan Soal UN 2012 Mapel Bahasa Indonesia SMA Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3! (1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah …. A. pencegahan pencemaran B. kemampuan hutan C. penyelamat lingkungan D. populasi gas ozon E. penetralisasi polusi PEMBAHASAN Teks di atas merupakan paragraf deduktif karena diawali oleh kalimat utama. Kalimat pertama mengandung ide pokok, gagasan utama, atau pikiran utama paragraf.Kalimat ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas. Kalimat kedua s.d. kalimat kelima merupakan kalimat yang menjelaskan masalah pencegahan pencemaran udara. JAWABAN: A 2. Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor…. A. (1) dan (2) B. (1) dan (5) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4) E. (4) dan (5) PEMBAHASAN Kalimat (2) merupakan hal yang benar-benar ada karena merupakan hasil penelitian. Kalimat (3) berisi kenyataan yang terjadi di Uni Rusia. Jadi kalimat kedua dan ketiga merupakan fakta. Kalimat (1), (4), dan (5) merupakan opini. JAWABAN: C 3. Kata tidak baku terdapat pada kalimat …. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) PEMBAHASAN Kata komplek pada kalimat ketiga berasal dari kata complex (bahasa Inggris). Kata serapan yang menggunakan huruf x seperti taxi, tex menjadi taksi, teks. Jadi, kata komplek pada kalimat ketiga seharusnya kompleks. JAWABAN: C Paragraf berikut untuk soal nomor 4 dan 5. Bacalah dengan cermat! (1) Situs purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai. (2) Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. (3) Makam-makam kuno peninggalan masa kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad ke-17 dan ke-18 berserak tak terurus. (4) Banyak yang tidak utuh dan terbelah. (5) Sebagian batu nisan berkaligrafi musnah terbawa tsunami atau diambil orang. (6) Manuskrip batu nisan berserakan dan tak diketahui lagi posisi awalnya. (7) Padahal, tulisan kaligrafi pada nisan itu mempunyai pesan dan/atau teks sejarah yang berguna. 4. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor …. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) PEMBAHASAN Teks di atas diawali oleh kalimat yang paling luas cakupannya dibandingkan kalimat lain. Kalimat kedua sampai dengan ketujuh merupakan kalimat-kalimat khusus yang menjelaskan kalimat pertama. Jadi, teks tersebut merupakan paragraf deduktif. JAWABAN: A 5. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …. A. Semua makam kuno di banda Aceh musnah karena terbawa tsunami. B. Pemerintah diharapkan segera mengumpulkan lagi peninggalan yang ada. C. Kompleks makam yang hilang direnovasi kembali oleh pemerintah . D. Situs purbakala Banda Aceh telah ditata kembali oleh pemerintah daerah. E. Tulisan kaligrafi pada nisan berisi data diri yang meninggal. PEMBAHASAN Pernyataan A, B, C, dan D tidak sesuai dengan isi paragraf. Sedangkan pernyataan E sesuai dengan kalimat ketujuh. JAWABAN: E Tabel berikut untuk soal nomor 6 dan 7. Perhatikan dengan saksama! No. Kurs Valas Kurs valas bulan Juni 2011 28 Juni 30 Juni 1. GBP 13.700 13.800 2. EUR 12.300 12.400 3. AUD 9.000 9.200 4. JPY (100) 10.700 10.600 6. Pernyataan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah …. A. Pada tanggal 28 dan 30 tiap-tiap kurs valas mengalami kenaikan. B. Kenaikan kurs valas tertinggi pada kurs valas nomor 3 dan 4. C. Kurs valas pada nomor 4 tidak mengalami kenaikan. D. Kenaikan kurs valas pada nomor 1, 2, dan 3 besarnya sama. E. Besar kenaikan kurs valas pada nomor 1 dan 2 tidak sama. PEMBAHASAN Pernyataan A salah karena pada tanggal 28 dan 30 ada kurs valas yang naik dan ada yang turun. Pernyataan B salah karena kenaikan tertinggi terjadi pada nomor 3 saja. Pernyataan D salah karena kurs valas pada nomor 1, 2, dan 3 besarnya tidak sama. Pernyataan E salah karena kenaikan kurs valas pada nomor 1 dan 2 sama. JAWABAN: C 7. Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah …. A. Kenaikan setiap kurs valas sebanding satu dengan lainnya. B. Kenaikan kurs valas (1) sama dengan kurs valas (4). C. Kenaikan rendah terjadi pada kurs valas nomor (3). D. Kurs valas mengalami kenaikan setiap hari. E. Kenaikan kurs valas tanggal 28 ke tanggal 30 Juni relatif stabil. PEMBAHASAN Simpulan A salah karena tidak setiap kurs valas mengalami kenikan. Simpulan B salah karena kurs valas nomor (4) mengalami penurunan bukan kenaikan. Simpulan C salah karena kurs valas nomor (3) mengalami kenaikan tertinggi. Simpulan D salah karena ada kurs valas yang mengalami penurunan. JAWABAN: E Paragraf berikut untuk soal nomor 8 dan 9. Bacalah dengan cermat! Sebermula ada sebulan selangnya, maka pada suatu hari raja semayam di balairung diadap oleh segala menteri hulubalang dan rakyat sekalian. Maka barang siapa bercakap mengobati raja itu; jikalau sembuh penyakitnya, diambil raja akan menantu. (Hikayat Patani) 8. Karakteristik yang menggambarkan bahwa naskah tersebut karya Sastra melayu Klasik adalah …. A. istanasentris dan kesaktian B. istanasentris dan struktur kalimat C. struktur kalimat rancu dan kemustahilan D. kemustahilan, tokohnya binatang E. tokohnya binatang, kesaktian seseorang PEMBAHASAN Penggalan hikayat di atas menyajikan tokoh raja yang merupakan salah satu karakteristik hikayat. Di samping itu, dikisahkan juga secara implisit kesaktian seseorang yang cakap atau mampu mengobati raja. JAWABAN: A 9. Isi cerita yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah …. A. Di balairung raja berjanji akan mengambil menantu bagi yang dapat menyembuhkan penyakitnya. B.Siapa pun yang mengobati raja di balairung akan diambil menantu di hadapan menteri dan hulubalang. C. Raja yang bersemayam karena sakit, membuat janji kepada menantunya. D. Para menteri dan hulubalang menghadap raja di balairung sambil mengobati raja. E. Rasa sakit raja ketika bersemayam di balairung terobati karena raja akan mengambil menantu. PEMBAHASAN Penggalan hikayat tersebut bercerita tentang seorang raja. Raja mengatakan bahwa siapa pun orangnya yang mampu mengobati raja akan dijadikan menantu. Jadi, hikayat di atas berisi janjinseorang raja. JAWABAN: A 10.Bacalah dengan cermat! Maka apabila sampailah dekat kepada kampung orang yang empunya kampung itu melihat akan dia, maka diusirnyalah dengan kayu, maka si Miskin itu pun larilah, ia lalu ke pasar. Maka, apabila dilihat oleh orang pasar itu si Miskin datang, mereka masing-masing pun datang, ada yang melontari dengan batu, ada yang memalu dengan kayu, maka si Miskin itu pun larilah tunggang langgang. Tubuhnya habis berlumur darah. Maka, menangislah ia tersedu-sedu sepanjang jalan itu dengan tersangat lapar dahaganya seperti akan matilah rasanya. Maka ia pun bertemu dengan tempat orang membuangkan sampah-sampah. Maka, berhentilah ia di sana, maka dicaharinyalah di dalam sampah yang bertimbun itu barang yang boleh dimakannya. (Hikayat Si Miskin) Nilai moral yang kurang baik dalam kutipan tersebut adalah …. A. Kepedulian masyarakat pada kehidupan sekitarnya. B. Ketidakpedulian masyarakat kepada oang miskin. C. Sikap orang miskin yang tetap bertahan hidup. D. Perlakuan orang kampung kepada orang pasar. E. Pengusiran orang miskin dari kampung atau kota. PEMBAHASAN Jawaban yang berisi nilai moral kurang baik adalah A dan E. jawaban E kurang tepat karena dalam penggalan tidak disinggung masalah kota. Cerita didominasi oleh sikap-sikap ketidakpedulian warga masyarakat kepada si Miskin. JAWABAN: B 11. Cermatilah paragraf berikut! Mereka melihat harimau sangat lincah melepaskan pak Balam dari cengkeramannya. Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat gelap di tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari dan menuju ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala, mereka melihat betapa kaki kiri pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah. Frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaiki frasa yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …. A. sangat besar, besar benar, teramat banyak B. sangat besar, amat parah, amat banyak C. cukup besar, sakit sekali, bagaikan air D. agak besar, dalam sekali, tak tertahankan E. tinggi besar, paling lebar, seperti air PEMBAHASAN Frasa adjektiva untuk menggantikan sangat lincah ada dua kemungkinan yaitu sangat besar dan tinggi besar karena cukup besar dan agak besar kurang pas untuk menunjukkan keterkejutan. Jadi, jawaban C dan D sudah tereliminasi. Frasa adjektiva besar benar dan paling lebar tidak pas menggantikan bengkak sekali. Dengan demikian jawaban A dan E juga tereliminasi. Jadi, selain frasa kedua yaitu amat parah, frasa ketiga pun telah diketahui yaitu amat banyak. JAWABAN: B 12. Cermatilah paragraf berikut! Jasa-jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air bersih, pengendalian erosi sehingga banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung industri pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu kesatuan interaksi yang utuh. PEMBAHASAN Konstruksi ‘pengendalian erosi sehingga banjir’ tidak tepat karena dalam kalimat pertama tidak terdapat hubungan sebab akibat. Yang muncul adalah hubungan yang menyatakan gabungan sehingga kata penghubung yang tepat adalah serta atau dan. Dengan demikian jawaban A, B, dan E salah. Kata penghubung untuk menggantikan bahwa adalah serta karena kalimat nomor satu menyebutkan gabungan jasa ekologi di Kawasan Leuser. Kalimat kedua merupakan kalimat majemuk bertingkat yang menyatakan hubungan kondisional atau persyaratan. Dengan demikian, yang tepat adalah jika. KUNCI: D 13. Cermati topik pidato dan kalimat persuasif yang terdapat dalam paragraph tersebut! Topik: Kesehatan usus (1) Saudara, data yang dikeluarkan US National Library menyebutkan kanker usus menempati urutan ke-2 penyebab kematian sedangkan di ndonesia dari RSCM Jakarta menyebutkan, setiap tahun menerima lima puluh pasien baru penderita kanker usus. (2) Kanker usus terjadi karena transit makanan dalam usus besar dalam waktu yang lama dan ditandai oleh buang air besar tidak setiap hari. (3) Hal ini akan menyebabkan zat karsinogenetik (penyebab kanker) dalam makanan mengendap pada dinding usus sehingga memicu pertumbuhan kanker. (4) Untuk mencegah kanker usus sebaiknya kita mengubah pola makan dari yang banyak mengandung lemak menjadi makanan yang kaya serat. (5) Penuhilah kebutuhan serat Anda dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. (6) Saat ini untuk mendapatkan buah-buahan segar tidaklah sulit karena hampir setiap pojok di tepi jalan terdapat penjual buah. Kalimat persuasif pada kutipan pidato tersebut yang sesuai dengan topik adalah nomor …. A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) D. (4) dan (5) E. (5) dan (6) PEMBAHASAN Kalimat ajakan biasanya diawali dengan marilah, ayolah, atau kata berpartikel lah. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah kalimat (4) dan (5) karena di samping menggunakan kata ajakan sebaiknya dan penuhilah, isinya juga sesuai dengan topik. JAWABAN: D 14. Cermati paragraf berikut! Meja kecil itu unik sekali. Bentuknya bulat lonjong. Di salah satu sisinya terdapat sebuah laci yang diberi ukiran di bagian tutupnya. Kaki mejanya berjumlah empat. . . . . Antarkaki dihubungkan dengan anyaman rotan untuk memperkuat berdirinya meja tersebut. Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. A. Bentuknya seperti kaki kucing yang mencengkeram kukunya. B. Fungsi kaki bagi meja untuk penahan permukaan meja kecil. C. Memang banyak orag membuat kaki meja seperti kaki binatang. D. Bentuk yang sering digunakan untuk kaki meja beragam. E. Kekuatan meja sangat bergantung kepada kekuatan kakinya. PEMBAHASAN Karangan deskripsi merupakan bentuk wacana yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat mencitrai (melihat, mendengar, mencium, dan merasakan) hal yang dlukiskan sesuai dengan citra penulisnya. Karangan ini menggunakan kata-kata yang dapat memancing kesan serta citra indrawi dan suasana batiniah pembaca. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah kalimat pertama karena kalimat inilah yang membuat pembaca dapat mencitrai melalui indra penglihatan yaitu melihat. JAWABAN: A 15. Cermatilah pantun berikut! Pergi berlibur ke pantai Pulangnya naik odong-odong Jadilah anak yang pandai …. Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …. A. Jangan selalu tolong-menolong B. Perangai baik dan tidak sombong C. Punya teman suka menolong D. Jangan bicara omong kosong E. Punya otak janganlah bolong PEMBAHASAN Pantun di atas merupakan pantun nasihat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah larik yang berisi nasihat dan sesuai dengan isi nasihat yang terdapat pada larik ke-3. Yang paling tepat adalah jawaban B karena isinya menambahkan nasihat yang sudah ada secara harmonis. Sedangkan jawaban A tidak berisi nasihat yang baik serta jawaban C, D, dan E kurang serasi dengan isi nasihat pada larik ke-3. JAWABAN:B 16. Cermatilah puisi berikut! Kehidupan Dialah sang sutradara Dan kita semua … Maka persoalan yang utama Bagaimana memainkan peran kita Karena kita tak bisa memilih Mari bermain dalam bimbingan-Nya Diksi yang tepat untuk melengkapi larik kedua puisi tersebut adalah …. A. penontonnya B. aktornya C. artisnya D. oratornya E. penerusnya PEMBAHASAN Untuk melengkapi larik ke-2 puisi di atas kita harus memperhatikan larik pertama. Ternyata diksi yang tepat merupakan kata yang berpasangan dengan kata sutradara .Kata peran pada larik ke-4 juga menjadi kata kunci. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah aktor. JAWABAN: B 17. Cermatilah paragraf narasi berikut! Ombak yang bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan layar warna-warni menghias diorama nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat. Kesuciannya dirampas karena janji-janjikosong. Dia merenung, ternyata keimanannya dikalahkan hanya dengan pujian memabokkan dan …. Rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk biar tenggelam, tetapi mana mungkin? Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. A. membuka hati B. kebahagiaan semu C. mulut manisnya D. mulut berbisa E. kelembutan hati PEMBAHASAN Untuk mengisi bagian rumpang paragraf di atas, kita harus melihat ungkapan pujian memabokkan yang diikuti oleh kata penghubung dan. Kata dan berfungsi menyatakan hubungan penggabungan. Jadi, kita harus mencari ungkapan yang tepat dan sejajar dengan ungkapan di depan dan. Ungkapan yang sejajar dan memiliki makna yang sesuai adalah mulut manisnya. JAWABAN: C 18. Cermatilah paragraf berikut! Setiap orang memiliki perbedaan, mulai perbedaan fisik, pola berpikir, cara merespon, dan cara mempelajari hal yang baru. Dalam hal belajar, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menyerap pelajaran. Bahkan, dapat dipastikan setiap orang menerapkan cara belajar yang berbeda-beda. …. Simpulan yang tepat untuk melengkapi akhir paragraf tersebut adalah …. A. Oleh karena itu, kita harus menerima kekurangan orang lain. B. Dengan demikian, setiap manusia memiliki kekhususan. C. Jadi, janganlah memaksakan kehendak kepada orang lain. D. Setiap orang harus belajar dengan cara yang berbeda-beda. E. Belajar merupakan kebutuhan setiap manusia di dunia. PEMBAHASAN Paragraf di atas membicarakan perbedaan yang dimiliki setiap orang, termasuk dalam menyerap pelajaran. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah kalimat yang berisi simpulan secara umum dan isinya sesuai dengan isi paragraf secara keseluruhan. JAWABAN:B Cermatilah tajuk berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20 Bank Dunia mengingatkan beban berat yang ditanggung anggaran pendapatan dan belanja Negara terkait bsubsidi bahan bakar minyak (BBM). Peringatan itu bukanlah yang pertama. Bahkan, bukan sekadar peringatan juga disertai saran dan jalan keluar. Pemerintah pun bukan tidak menyadari ancaman pembengkakan subsidi itu. Sejak awal, pemerintah telah menugaskan kalangan perguruan tinggi untuk melakukan kajian yang akan dipakai sebagai dasar penetapan kebijakan pengelolaan BBM bersubsidi. Beberapa opsi telah dihasilkan, seperti menaikkan harga dan membatasi pemakaian. Jika pemerintah mengambil opsi menaikkan harga BBM bersubsidi secara terukur disertai kompensasi bagi masyarakat miskin, mungkin lebih bisa diterima masyarakat. Apalagi, jika penghematan anggaran subsidi itu benar-benar untuk alokasi peningkatan anggaran belanja pembangunan infrastruktur. 19. Opini penulis dalah tajuk tersebut adalah …. A. Bank dunia harus turun tangan mengatasi masalah BBM bersubsidi di tanah air ini. B. Penghematan anggaran subsidi harus dialokasikan untuk anggaran belanja pembangunan infrastruktur. C. Pemerintah hendaknya menyadari ancaman pembengkakan subsidi di tanah air ini. D. Pemerintah sebaiknya menaikkan harga BBM bersubsidi disertai kompensasi bagi masyarakat miskin. E. Penghematan anggaran subsidi BBM digunakan untuk peningkatan belanja negara. PEMBAHASAN Opini yang hendak disampaikan penulis berkaitan dengan upaya yang sebaiknya dilakukan pemerintah dalam pengelolaan BBM bersubsidi agar tidak membebani anggaran pendapatan dan belanja negara. Hal ini terlihat sejak kalimat pertama yang diperkuat dengan fakta peringatan dari Bank Dunia sampai dengan munculnya opsi. Penulis memberikan masukan kepada pemerintah bahwa jika pemerintah mengambil opsi menaikkan harga BBM bersubsisi secara terukur disertai kompensasi bagi masyarakat miskin, mungkin lebih bisa diterima masyarakat. JAWABAN:D 20. Opini permasalahan dalam tajuk tersebut ditujukan kepada …. A. Bank Dunia B. Perguruan tinggi C. Pemerintah D. Pengusaha E. Masyarakat PEMBAHASAN Kalimat pertama yang membicarakan anggaran pendapatan dan belanja negara menunjukkan bahwa yang dituju oleh opini permasalahan dalam tulisan tersebut adalah pemerintah. Secara eksplisit muncul pada kalimat ke-3 dan ke-5. JAWABAN:C Kutipan novel di bawah ini untuk soal nomor 21 dan 22. Bacalah dengan saksama! Kepala sekolahnya adalah seorang pejabat penting. Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam pertempuran itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar, progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampung. Gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. Di dekatnya siapa pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia sama seperti orang melayu yang baru belajar memasak , bumbunya cukup tiga macam: pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur, ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang yang telah sukses di kota atau bahkan di luar negeri. (Laskar Pelangi, Andrea Hirata) 21. Tokoh Ibu Frischa yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui …. A. dialog antartokoh B. lingkungan tokoh C. pikiran tokoh D. tindakan tokoh E. uraian langsung PEMBAHASAN Watak tokoh yang sombong dan angkuh terdapat pada akhir kalimat ke-3 dan secara utuh pada kalimat ke-4. Dengan demikian watak tokoh dideskripsikan melalui tindakan yang sering menghina habis-habisan sekolah kampung dan gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. JAWABAN: D 22. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah …. A. Jadilah wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong. B. Jangan angkuh dan sombong kalau menjadi orang yang terpelajar. C. Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santun kepada orang lain. D. Bersikaplah rendah hati, santun, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi. E. Janganlah mengingkari kodrat atau yang diberikan kepada kita. PEMBAHASAN Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca. Dalam kutipan tersebut dikisahkan seorang wanita menjabat kepala sekolah.Dia dikisahkan sebagai orang yang terpelajar, progresif, ambisius. Sifat lain yang lebih jelek adalah angkuh, sombong, dan suka mengintimidasi.Jadi, amanat yang hendak disampaikan berkaitan dengan sifat-sifat baik yang hendaknya dimiliki seseorang sekalipun menjadi pejabat tinggi. JAWABAN:D Paragraf berikut untuk soal nomor 23 dan 24. Bacalah dengan saksama! Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922 ini seorang penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat, 8 Juni 2007, Chairil Anwar yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra. Chairil Anwar memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish (1948). Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945. Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajan Aku, diapresiasi sebagi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka. 23. Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah …. A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman. B. Mendapat penghargaan meski Chairl sudah lama meninggal. C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. D. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada presiden RI. E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing. PEMBAHASAN Hal yang menarik adalah hal yang paling istimewa dan mengagumkan dari seorang tokoh. Dalam kutipan tersebut hal yang sangat istimewa dan jarang orang lain mengalaminya adalah menjadi penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya abadi, digemari sepanjang zaman. Keabadian karya-karyanya telah terbukti dengan penganugerahan penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra. JAWABAN: A 24. Mengapa Chairil Anwar meskipun sudah meninggal, masih memperoleh penghargaan DKB Award 2007? A. Karena ia adalah penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup sepanjang zaman. B. Karena penghargaan itu untuk membuktikan keabadian karya-karyanya. C. Karena ia telah menginspirasi para pejuang kemerdekaan melalui sajak Krawang-Bekasi. D. Karena ia menulis sajak untuk merefleksikan dukungan kepada Bung Karno. E. Karena sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro diapresiasi sebagai sajak perjuangan. PEMBAHASAN Alasan Chairil Anwar mendapat penghargaan walaupun sudah lama meninggal terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama. Kalimat jawaban B lebih merupakan tujuan diberikannya penghargaan, alasan pemberian penghargaan. Sedangkan jawaban C, D, dan E merupakan kalimat yang berisi contoh-contoh karya-karya besar Chairil Anwar. 25. Cermati pagraf berikut! Hari ini hari terakhir kami berkumpul karena besok kami akan menuju ke tempat melanjutkan sekolah masing-masing. Kami … Air mata tanpa disadari …Terasa berat hati untuk berpisah karena tidak ada lagi canda gurau dan … yang menambah manis persahabatan kami. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah …. A. salam-salam, linang-linangan, cela-celaan B. bersalam-salaman, berlinang-linangan, cela-cela C. menyalam-nyalami, linang-linangan, cela-cela D. disalam-salami, linang-linangan, mencela-cela E. bersalam-salaman, berlinang-linang, cela-celaan PEMBAHASAN Kata ulang untuk mengisi titik-titik pertama adalah bersalam-salaman. Kata ulang ini merupakan predikat, sedangkan kami subjek. Titik-titik kedua paling tepat diisi berlinang-linang, sedangkan bagian rumpang ketiga diisi cela-celaan. JAWABAN:E 26. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah …. A. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan Dalam Pembelajaran B. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan dalam Pembelajaran C. Membandingkan Puisi Indonesia dan puisi Terjemahan dalam pembelajaran D. Membandingkan puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran E. Membandingkan puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran PEMBAHASAN Judul ditulis dengan huruf kapital pada awal setiap kata kecuali kata depan dan kata penghubung. Dalam judul tersebut terdapat kata penghubung dan dan kata depan dalam. JAWABAN:B 27. Perhatikan topik-topik berikut! 1. otonomi daerah 2. kearifan lokal 3. pengelolaan wisata Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik karya tulis tersebut adalah …. A. Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata. B. Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial. C. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh. D. Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, di antaranya dalam mengelola wisata. E. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata. PEMBAHASAN Latar belakang merupakan alasan seseorang memilih judul atau topik tertentu. Alasan tersebut merupakan fakta, fenomena, gejala, data, atau kasus-kasus yang menimbulkan permasalahan yang penting untuk diangkat atau dibahas. Latar belakang yang tepat sesuai ketiga topik di atas adalah kalimat logis yang berisi tiga topik serta menunjukkan adanya permasalahan yang perlu dicari jalan keluarnya. JAWABAN:D 28. Cermati topik berikut! Topik: Mengatasi penyusutan areal pertanian Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah …. A. Mengapa areal pertanian banyak dijadikan kawasan industri? B. Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian? C. Siapa yang menyebabkan susutnya areal pertanian di desa-desa? D. Berapa banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini? E. Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman? PEMBAHASAN Rumusan masalah disusun dalam bentuk kalimat tanya, berisi masalah yang harus dicarikan jalan keluar. Kalimat rumusan masalah yang baik berupa kalimat tanya yang jawabannya berupa alternatif solusi. JAWABAN:B 29. Cermati ilustrasi berikut! Novel “Bekisar Merah” dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab dengan situasi pedesaan dan kemiskinan. Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah …. A. Penduduk Karangsoga yang miskin diangkat oleh penulis “Bekisar Merah” agar kita lebih paham memaknai kemiskinan. B. Novel ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidup di Karangsoga, termasuk Sasi yang hidup dalam kemiskinan. C. Novel ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang miskin yang tinggal di Karangsoga tempat tinggal penulis. D. “Bekisar Merah” perlu dibaca orang yang ingin mengentaskan kemiskinan karena batin orang miskin bisa dirasakan. E. Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel. PEMBAHASAN Keunggulan yang terdapat dalam penggalan novel tersebut terdapat pada kalimat ke-2 , ke-3, dan ke-4. Jawaban A, B, dan C tidak berisi keunggulan atau kelebihan novel. Jawaban D lebih mirip simpulan resensi. Jadi, yang tepat jawaban terakhir. JAWABAN:E 30. Cermatilah dialog berikut! Husna: Sakit apa, Mbak? Astuti: Sakit perut, sudah beberapa hari. Husna: Mbak selalu ke dokter ini? Apa setiap hari juga banyak pasiennya? (Sambil melihat beberapa pasien yang menunggu) Astuti: Setahu saya begitu, setiap hari banyak dikunjungi pasien. Padahal dokter lain juga ada. Husna: Dokternya punya kelebihan? Astuti: … Husna: O, pantas kalau begitu. Astuti: Banyak orang yang sembuh ditangani dokter ini. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada dialog tersebut adalah …. A. Ya, anaknya banyak, tujuh orang. B. Setahu saya dia biasa saja. C. Dia dokter yang bertangan dingin. D. Dia punya apotek yang cukup besar. E. Obatnya selalu obat warung saja. PEMBAHASAN Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang harus logis, memiliki hubungan yang harmonis dengan kalimat-kalimat lain, terutama dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Jadi, isi kalimat sesuai dengan topik atau hal yang dibicarakan dalam dialog. Kalimat yang tepat berisi jawaban pertanyaan di atasnya dan merupakan jawaban yang positif karena diikuti oleh kalimat yang berisi penegasan atas jawaban tersebut. JAWABAN:C 31. Perhatikan penggalan paragraph beriakut dengan saksama! (1)Dukungan masyarakat merupakan modal yang cukup strategis untuk meningkatkan keberhasilan tugas polisi. (2) Bersikap santun saat menangani persoalan masyarakat dapat menimbulkan empati, sekaligus memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3) Polisi yang kurang profesionalisme dalam menjalankan tugas akan menimbulkan rasa tidak puas dari masyarakat. (4) Memang, ini tidak mudah karena penuh dengan dinamika yang harus didesain agar sejalan dengan kondisi masyarakat. (5) Di samping itu, polisi juga harus mampu mengelaborasi kebutuhan masyarakat atas jaminan keamanan dan perlindungan. Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat terdapat pada nomor …. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) PEMBAHASAN Kalimat ketiga menggunakan istilah profesionalisme. Istilah ini kurang tepat karena kata yang kurang seharusnya diikuti oleh kata sifat, bukan kata benda. Jadi, yang tepat profesional , bukan profesionalisme. JAWABAN: C 32. Cermatilah kutipan paragraf berikut! Kembang sepatu di Indonesia banyak dijadikan tanaman hias, di Okinawa (Jepang) sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut bunga kehidupan sesudah mati sehingga banyak ditanam di kuburan atau pusara. Di India bunga kembang sepatu dijadikan semir sepatu dan sebagai bunga persembahan. Di Malaysia disebut bunga raya dan ditetapkan sebagi bunga nasional Malaysia pada 28 Juli 1960. Jadi, tanaman kembang sepatu pemanfaatannya berbeda di beberapa negara. Artikel tersebut memberi tahu kepada pembaca bahwa …. A. Tanaman kembang sepatu banyak manfaatnya di beberapa negara. B. Pemanfaatan tanaman kembang sepatu di beberapa negara berbeda. C. Cara memanfaatkan kembang sepatu dapat dibandingkan. D. Tanaman hias kembang sepatu sangat bermanfaat dalam kehidupan. E. Kembang sepatu adalah tanaman yang unik dan bernilai. PEMBAHASAN Artikel tersebut membicarakan pemanfaatan kembang sepatu di beberapa negara seperti Jepang, India, Indonesia, dan Malaysia. Ternyata di empat negara berbeda-beda cara pemanfaatan kembang sepatu. Bahkan, artikel tersebut diakhiri simpulan yang mencakup isi keseluruhan paragraf. JAWABAN: B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34! Kerusakan hutan di Indonesia selama lima tahun (2000-2005) adalah dua persen per tahun, sementara di Brazil 0,6 persen. Perusakan itu sama dengan 1,87 juta hektare setiap tahun. Sama dengan 51 kilometer setiap hari atau sama dengan luas 300 lapangan sepak bola setiap jam. Data itu dikemukakan oleh Hapsoro, juru kampanye hutan regional Greenpeace Asia Tenggara di Tugu Proklamasi. Dengan angka-angka itu, Indonesia bisa masuk “The Guinness Book of World Record” sebagai negara penghancur hutan tercepat di dunia. 33. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …. A. Apa saja yang dikakukan oleh Hapsoro untuk menyelamatkan hutan Indonesia? B. Tepatkah data-data yang dipergunakan oleh juru kampanye hutan regional Greenpeace itu? C. Benarkah bahwa kerusakan hutan di Indonesia sudah tidak dapat diatasi? D. Berapa persen kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia per tahun selama lima tahun? E. Apa yang harus diperbuat dengan data-data yang dikemukakan Hapsoro? PEMBAHASAN Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam teks. Kita tidak dapat menemukan jawaban dari pertanyaan A, B, C, dan E. Jawaban pertanyaan D terdapat pada kalimat pertama. JAWABAN:D 34. Makna kata regional dalam paragraf tersebut adalah …. A. pemerintah daerah B. keluasan daerah C. perbatasan daerah D. bersifat daerah E. kawasan daerah PEMBAHASAN Kata regional memiliki arti bersifat atau mengenai daerah (kawaan, lingkungan) atau bagian dunia, yang batas luasnya tidak tertentu (dapat mengenai bagian dari suatu negara, benua, atau dunia. JAWABAN: D Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 35 s.d. 37! Salju Karya: Wing Kardjo Ke manakah pergi mencari matahari ketika salju turun pohon kehilangan daun Ke manakah jalan mencari perlindungan ketika tubuh kuyup dan pintu tertutup Ke manakah lari mencari api ketika bara hati padam tak berarti Ke manakah pergi selain mencuci diri 35. Makna lambing kata matahari dalam larik kedua puisi tersebut adalah …. A. petunjuk B. kehidupan C. keceriaan D. semangat E. keindahan PEMBAHASAN Kata matahari dalam larik puisi tersebut dapat diartikan petunjuk bagi orang yang sedang kehilangan sesuatu yang sangat penting dalam hidupnya karena suatu musibah. Sesuatu tersebut dapat berupa orang yang dicintai, kebahagiaan hidup, masa depan, atau keselamatan. JAWABAN:A 36. Maksud isi puisi tersebut adalah …. A. Untuk mendapatkan kebahagiaan hidup, seseorang harus menyesali dosa-dosanya. B. Keputusasaan seseorang dalam mencari anggota keluarganya yang hilang. C. Kehidupan rumah tangga yang gagal karena tidak ada pertolongan. D. Berbagai upaya harus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kebahagiaan hidup. E. Gambaran kehidupan ketika musim salju mulai turun dan tidak ada kehangatan. PEMBAHASAN Maksud yang hendak disampaikan penulis tergambar pada bait terakhir. Setelah berusaha mencari-cari petunjuk, tempat berlindung, semangat akhirnya seseorang menemukan sesuatu. Ternyata tidak ada cara lain kecuali dengan ‘membersihkan’ diri dan menyesali dosa-dosanya ia dapat menemukan kebahagiaan hidup. JAWABAN: A 37. Suasana yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah …. A. kebimbangan B. ketenteraman C. kesemarakan D. kedamaian E. kegembiraan PEMBAHASAN Setiap awal bait puisi tersebut diawali dengan kalimat tanya. Ini menandakan bahwa seseorang sedang berada pada posisi tak stabil, tak menentu, atau ragu-ragu. Ia sedang mencari-cari sesuatu. JAWABAN:A 38. Cermatilah gurindam berikut! Cahari olehmu kawan Pilih segala orang setiawan Maksud isi gurindam tersebut adalah …. A. Carilah kawan di antara para setiawan. B. Carilah kawan dengan memilih para setiawan. C. Berkawanlah dengan kesetiaan yang sejati D. Berkawanlah dengan orang yang setia. E. Kawan adalah semua orang yang setia. PEMBAHASAN Maksud yang hendak disampaikan penulis adalah menyuruh mencari kawan. Kawan yang dicari hendaklah orang yang sangat setia (setiawan) JAWABAN:B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40! (1) Faktor manusia adalah penyebab dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya. (2) Kecelakaan terjadi karena pengemudi atau pengguna jalan tidak mengindahkan peraturan lalu lintas. (3) Pengguna jalan raya hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa memikirkan daripada keselamatan dirinya atau orang lain. (4) Sering pula pengendara ugal-ugalan mengendarai kendaraannya dalam keadaan mabuk atau terpancing emosinya karena didahului kendaraan lain. (5) Ada pula pengemudi yang mengantuk memaksakan dirinya untuk terus menjalankan kendaraannya sehingga kendaraan lepas dari kendali. 39. Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah …. A. Hal yang tidak bisa dihindari pengendara di jalan raya. B. Pengendara dan pejalan kaki sama-sma tidak mematuhi tata tertib. C. Faktor dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya. D. Kelalaian pengguna jalan raya yang mengakibatkan kecelakaan. E. Kurangnya kewaspadaan dan kehati-hatian pengguna jalan raya. PEMBAHASAN Kalimat pertama paragraf di atas berisi ide pokok paragraf. Kalimat ke-2 s.d. ke-5 berisi ide penjelas yang memperkuat ide pokok. Jadi, isi informasi dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat pertama, yaitu faktor dominan yang menyebabkan banyak kecelakaan di jalan raya. JAWABAN: C 40. Kalimat rancu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor …. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) PEMBAHASAN Kalimat rancu merupakan kalimat yang salah karena strukturnya kurang tepat. Kalimat seperti ini biasanya muncul ketika seseorang akan menuangkan sebuah ide sementara di otaknya telah tersedia dua konstruksi yang benar. Namun, pada saat ide dituangkan dalam kalimat kedua konstruksi itu saling bercampur atau rancu. Saat penulis akan menuangkan ide pada kalimat ke-3 muncul dua konstruksi. Pertama, pengguna jalan raya hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa memikirkan keselamatan dirinya atau orang lain. Kedua, pengguna jalan raya lebih memikirkan kepentingan sendiri daripada memikirkan keselamatan dirinya atau orang lain. Kata daripada tidak tepat digunakan dalam kalimat ke-3 karena kata daripada berfungsi membandingkan, sedangkan pada kalimat tersebut tidak ditemukan perbandingan. JAWABAN:C 41. Cermatilah kalimat penutup surat lamaran berikut! … Demikian lamaran kami,atas perhatiannya saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih. Perbaikan yang tepat untuk kalimat penutup surat lamaran tersebut adalah …. A. Demikian lamaran saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. B. Demikianlah, atas perhatian Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih. C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih. D. Atas perhatiannya, dengan ini saya mengucapkan terima kasih. E. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. PEMBAHASAN Melalui surat lamaran seorang pelamar berkomunikasi dengan orang kedua. Oleh karena itu, sapaan yang digunakan adalah Ibu, Bapak, Anda, Saudara, bukan nya atau dia. Surat lamaran termasuk surat resmi sehingga penulisannya menggunakan aturan resmi dan bahasa resmi. Saya dalam surat lamaran sebagai subjek yang aktif sehingga predikat menggunakan kata kerja mengucapkan, bukan ucapkan. JAWABAN:C 42. Cermatilah ilustrasi berikut! Pada acara pentas seni tutup tahun, OSIS SMA Nusa Bangsa mengundang setiap kelas untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 Juni 2012 pukul 19.00 sampai dengan pukul 23.oo WIB. Pentas seni akan diselenggarakan di gedung pertunjukkan Sutejo. Pemerian pelaksanaan yang tepat untuk surat undangan adalah …. A. Hari : Sabtu Tanggal : 30 Juni 2012 Waktu : Pukul 19.00 – 23. 00 WIB Tempat : Gedung Sutejo Acara : Pentas seni tutup tahun B. HARI : Sabtu Tanggal : 30 Juni 2012 Waktu : Pukul 19.00 – 23. 00 WIB tempat : gedung Sutejo ACARA : Pentas seni Tutup Tahun C. HARI : Minggu; TANGGAL : 30 JUNI 2012; WAKTU : PUKUL 19.00 – 23. 00 WIB; TEMPAT : GEDUNG SUTEJO Acara : pentas seni tutup tahun D. hari : Sabtu tanggal : 30 Juni 2012 waktu : pukul 19.00 – 23. 00 WIB tempat : Gedung Sutejo acara : pentas seni tutup tahun E. hari : Sabtu tanggal : 30 Juni 2012 waktu : pk. 19.00 – 23. 00 WIB Tempat : Gedung Sutejo Acara : pentas seni tutup tahun PEMBAHASAN Penulisan hari, tanggal, waktu, tempat, dan acara masih merupakan kesatuan dengan kalimat sebelumnya dan tidak diakhiri tanda baca apa pun. Oleh karena itu, kata-kata tersebut ditulis dengan huruf kecil. JAWABAN:D 43. Cermati paragraf generalisai berikut dengan saksama! Pak Subhan memiliki kebun kelapa sawit seluas sepuluh hektar di Desa Rantau Berbuah. Mahmud, adiknya memiliki kebun sepuluh hektar. Di desa yang sama, Pak Karsa, sepupu Pak Subhan, juga memiliki kebun kelapa sawit seluas sepuluh hektar. Adik Pak Karsa, Mirhan, memiliki kebun kelapa sawit seluas lima hektar, tidak jauh dari kebun kakaknya. Tahun ini merupakan tahun kelima bagi mereka menanam kelapa sawit dan berhasil dengan sangat menggembirakan. Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf generalisasi tersebut adalah …. A. Dengan demikian, tidaklah heran keluarga Pak Subhan dikenal sebagai petani kelapa sawit yang berhasil. B. Dengan demikian banyak keluarga yang ingin memiliki kebun kelapa sawit karena untungnya banyak. C. Oleh karena itu, Desa Rantau Berbuah dikenal dengan desa kelapa sawit milik pemerintah. D. Oleh karena itu, tiga warga Desa Rantau Berbuah merupakan orang terkaya di desanya. E. Jadi, tahun kelima merupakan tahun menggembirakan bagi warga Desa Rantau Berbuah. PEMBAHASAN Generalisasi merupakan salah satu bentuk penalaran induktif, yakni proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual untuk menurunkan satu simpulan (inferensi) yang bersifat umum yang mencakup semua fenomena yang dipaparkan. Jawaban A dan D belum mencakup semua fenomena. Jawaban B dan C lebih merupakan simpulan paragraf sebab akibat. JAWABAN:E 44. Cermati silogisme berikut! Premis Umum : Siswa yang baik selalu belajar dengan teratur. Premis Khusus : Mely siswa yang baik. Simpulan : … Kalimat simpulam yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah …. A. Karena itu Mely naik kelas karena belajar dengan teratur. B. Mely adalah siswa yang selalu belajar. C. Jadi, Mely selalu belajar dengan teratur. D. Berarti cara belajar Mely sudah benar. E. Mely siswa yang baik karena selalu belajar dengan teratur. PEMBAHASAN PU : Siswa yang baik selalu belajar dengan teratur A B PK : Mely siswa yang baik. C A Simpulan : C + B = Mely selalu belajar dengan teratur. JAWABAN:C 45. Cermatilah paragraf berikut! Perpisahan kelas XII diadakan di gedung yang terletak di komplek ABRI. Hari ini mereka mengadakan gladi bersih. Tampaknya, acara mereka tersusun sangat sistematick . Kerja keras panitia akan membuahkan hasil yang memuaskan Kata baku yang tepat untuk memperbaiki kata serapan yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah …. A. komplek, glady, systematic B. komplek,glady, sistematika C. kompleks, geladi, cytematic D. kompleks, geladi, sistematis E. komplek, geladi, sistematis PEMBAHASAN Kata pertama berasal dari complex (bahasa Inggris) sehingga diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kompleks. Kata kedua berasal dari kata gladi (bahasa Jawa) yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi geladi.Kata ketiga yang ditulis di belakang kata sangat adalah kata sifat sistematis. JAWABAN:D 46. Cermati kutipan cerpen berikut! Don, tampaknya kau sudah tak mau lagi berteman denganku. Tolong, dengarkan baik-baik perkataanku ini! Aku bukanlah perempuan murahan. Simpan baik-baik kalimat tadi dalam memorimu. Siapa bilang perempuan hanya bisa bermain hati tanpa rasio. Aku berusaha sekuat tenaga meyakinkan Doni. Namun upayaku sia-sia, seperti …. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen tersebut adalah …. A. Pungguk merindukan bulan B. Melukis di atas air. C. Kacang lupa akan kulitnya. D. Tong kosong nyaring bunyinya. E. Kerakap tumbuh di batu. PEMBAHASAN Peribahasa yang berarti sia-sia adalah Melukis di atas air. Pungguk merindukan bulan berarti seseorang merindukan kekasihnya, tetapi cintanya tidak berbalas. Kacang lupa akan kulitnya berarti tidak tahu diri atau lupa akan asalnya. Tong kosong nyaring bunyinya berarti orang yang bodoh biasanya banyak bualnya (cakap). Kerakap tumbuh di batu berarti orang yang hidup dalam kesukaran atau kemelaratan. JAWABAN:B 47. Cermatilah paragraf berikut! Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda, setiap media akan … tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya popular penulisan. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. A. dicoba, mensajikan, mentampilkan B. menyoba, menyaji, menampilkan C. mencoba, menyajikan, menampilkan D. mencoba, menyajikan, ditampilkan E. mencobakan,disajikan, ditampilkan PEMBAHASAN Kata berimbuhan pertama yang dibutuhkan adalah kata berimbuhan yang bermakna ‘melakukan suatu perbuatan’. Oleh karena itu , kata dengan awalan me- paling tepat mengisinya. Kata coba mendapat awalan me- menjadi mencoba. Kata kedua yang dibutuhkan adalah kata kerja yang menyatakan keaktifan. Oleh karena itu, kata yang tepat adalah menyajikan yang berasal dari kata saji mendapat imbuhan me-kan. Kata terakhir yang tepat berupa kata yang bermakna ‘dikenai ssuatu tindakan’ sehingga awalan di- paling tepat mengisinya. JAWABAN:D 48. Cermatilah penggalan cerpen berikut! Tidak lama bus Trans Jakarta tiba di terminal Pulo Gadung. Kami bersiap-siap turun, antre bersama penumpang yang lain. “Lebih baik Ibu langsung ke loket pembelian karcis,” kataku kepada ibu yang tadi duduk di sebelahku. … Saya menyarankan dia untuk naik bus “Damri”. Bus ini dikenal memiliki pelayanan yang baik. “Terima kasih, ya,” katanya sambil tersenyum. “Nanti sore saya terbang ke Surabaya.””…” Kalimat bermajas metonomia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah …. A. Ibu itu langsung bergegas kea rah loket. B. Kami berpisah setelah bersalaman terlebih dahulu. C. Ia akan pergi ke Yogja untuk menengok anaknya. D. Kalau begitu ibu naik “Garuda” saja. E. Saya mengajaknya langsung membeli karcis. PEMBAHASAN Majas metonomia adalah majas yang berupa pemakaian nama ciri atau nama hal yang ditautkan dengan orang, barang, atau hal sebagai penggantinya. JAWABAN: D 49. Cermatilah paragraf esai berikut! Sajak-sajak yang ditulis generasi penyair masa kini termasuk karya yang cukup baik. Para penyair masa kini merupakan orang-orang kreatif pada zamannya. Hanya mereka masih membutuhkan kemampuan lain untuk mengasah kepekaan estetis dalam memilih diksi dan metafora. Kemampuan yang dapat ditingkatkan dari kebiasaan membaca realitas yang hadir di lingkungannya. Kebiasaan yang tidak akan didapat dari bangku sekolah. … Kalimat simpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …. A. Kepekaan estetis dapat diasah melalui kebiasaan membaca realitas yang hadir di lingkungan dan di bangku sekolah. B. Generasi penyair masa kini masih harus mengasah kepekaan estetis melalui membaca realitas yang hadir di lingkungannya. C. Kreativitas penyair masa kini tercermin melalui karyanya yang teliti dalam memilih diksi dan metafora. D. Pemilihan diksi dan metafora dalam karya-karya penyair masa kini tidak diperoleh dari bangku sekolah. E. Kepekaan penyair masa kini mencerminkan kreativitas yang diasah melalui belajar di lingkungannya. PEMBAHASAN Simpulan sebuah paragraf merupakan penegasan ide pokok paragraf. Oleh karena itu, isi simpulan sejalan dengan semua ide, baik pokok maupun penjelas. Jawaban A, C,D, dan E tidak sesuai dengan isi paragraf. JAWABAN:B 50. Cermatilah kutipan cerpen berikut! … Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemerisik adalah aku, yang menghantarkan panas dan angin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiiran segar yang mengajak giat belajar. Aku adalah yang menyodorkan keheranan dan sekaligus jawaban. Aku di kebuun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di gunung, aku di udara, kukirimkan laying-layangku kepadamu, kepada kalian. … (Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto) Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan cerpen tersebut adalah …. A. Danarto dikenal sebagai penulis cerpen yang religius, tercermin dalam tokoh cerpen yang telah ditulisnya. B. Menuntut pembaca harus lebih cermat untuk memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambing. C. Penggunaan kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati pembacanya. D. Cerpen Danarto pada umumnya beraliran religius sesuai dengan latar belakang pendidikan beliau. E. Penggunaan kalimat yang sederhana memudahkan pembaca untuk memahami isi cerpen. PEMBAHASAN Kalimat kritik yang tepat adalah jawaban B. Jawaban A bukan kalimat kritik. Jawaban C dan E.merupakan pujian. Jawaban D di samping bukan merukan kritik, isinya pun telah meluas. JAWABAN: B

SKL BAHASA INDONESIA SMA/MA NO KOMPETENSI INDIKATOR 1. Membaca Memahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks nonsastra, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama, puisi baru, hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, novel, dan drama. Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas. Menentukan isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti kata/istilah, isi biografi. Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial. Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel. Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat. Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama. Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi. Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam. 2. Menulis Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan resensi. Menulis paragraf padu. Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu. Melengkapi teks pidato. Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa. Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf. Menulis surat resmi. Menyunting kalimat dalam surat resmi. Menulis judul sesuai EYD. Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah). Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata kias/berlambang/berima/bermajas). Melengkapi dialog drama. Menentukan kalimat resensi. Menentukan kalimat kritik. Menentukan kalimat esai. Category: Kirimkan Ini lewat Email

BIODATA Nama : Dimas Anggara Mueharyoso Nama Beken : Dimas Anggara Nama Panggilan : Dimas Agama : Islam Nama Orang Tua : Ardi Moeharyoso dan Delly Malik. Saudara : Dida Arlingga Danapati TTL : Jakarta, 10 September 1988 Idola : Leonardo DiCaprio & Julian Casablancas Pendidikan : Universitas Pelita Harapan Berat Badan : 63 kg Tinggi Badan : 173 cm Karir : Musisi (vocalis The Barris),Pemain film,Pemain FTV,dan Pemain Sinetron Peliharaan : Ikan Paus (yang masih kecil),Buaya,dan berbagai macam jenis ikan lain nya Film : ♂ Kembang Perawan FTV : ♂ Andai Mati Besok ♂ Pinguin Untuk Kayla ♂ Boothcamp Cinta ♂ Kugenggam Cintamu Di Malioboro ♂ Pembantu Cantik Itu Pacarku ♂ Bidadari Penjaga Hati ♂ Ramona Cinta Gilaku ♂ Bidadari Lapangan Parkir ♂ Silat Boys 5 ♂ Kado Valentine Untuk Lintang ♂ Hansip Yang Mencuri Hatiku Sinetron : ♂ Kupinang Kau Dengan Bismillah (KKDB) Sifat : Kaku, Cupu, Baik, Sopan, Ramah Gaya : Cool, Cuek, Keren, Cute Kerjaan : Musisi THE BARRIS

About this blog

My Blog List

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogroll

About

Blogger templates

Blogger news

cerpen

PENGAKUAN HATI Malam ini udara dingin menyergap masuk ketubuh,rasa dingin mengingatkanku pada seseorang yang seperti dingin malam ini,bahkan jika kuingat ingat lagi dia lebih dingin daripada malam ini. Aku mengenalmu lewat pesan alam yang disampaikan kepada hujan,awal pertemuan kita 16 tahun lalu,ketika usiaku 8 tahun,aku bertemu denganmu melihatmu yang diam menikmati hujan sambil duduk mendekap lututmu.diam tanpa rasa,aku mendekatimu,mengulurkan tangan untukmu dan bertanya kepadamu tetapi kamu hanya diam mengacuhkanku.aku tahu saat itu kau sedang terluka dengan sedikit paksaan dariku akhirnya kamu mau kutolong juga,kau yang telah kuobati hanya diam membisu tak ada sepatah katapun terucap dari bibirmu dan ketika selesai kau hanya mengatakann 3 kata “Terimakasih,aku Daniel”dan kau berlalu begitu saja . Tak terasa 1 tahun aku mengenal sosok pria cuek itu dan tak terasa pula sudah 6 tahun berlalu aku menjalin kasih dengannya,tak pernah kusangka dan tak pernah kuduga jika aku jatuh cinta kepadanya,kami yang memulai hubungan kami sejak aku duduk di bangku kelas 2 SMA dan sedangkan dia Kelas 3 SMA disekolah yang berbeda.Aku tak mengerti tentang hidupku,semuanya kujalani dengan semestinya mengalir seperti air.Banyak cerita yang ku alami selama ini entah itu suka maupun duka,namun tak pernah kusangka dengan hari ini,mengapa aku bisa mengucapkan kata “PUTUS”padanya.Tak bisa kupungkiri bahwa aku sangat mencintainya namun cintaku telah dikhianatinya. Hatiku terlalu sakit untuk merasakan semua luka ini,dihidupku aku hanya mengenal 1 orang laki-laki, dia segalanya yang pertama,dia yang menjadi cinta pertamaku,dia yang pertama menciumku,dia yang pertama memeluk erat tubuhku namun takkan pernah kukira bahwa dia juga yang pertama kali menghancurkan hatiku,meredupkan sinar jiwaku dan membuat goresan luka cinta dihatiku.aku tak habis fikir dengan kejadian itu,setelah aku memutuskan hubungan ku dengannya dia hanya diam saja,tak menjelaskan tentang apa yang terjadi namun tanpa penjelasan apapun aku telah mengetahui bahwa siang itu dia memeluk seorang wanita,dan itu jelas bukan diriku. 7 bulan berlalu,aku mulai membuka hati untuk orang lain atau mungkin hanya mencari pelarian ???waktu berlalu begitu cepat sedikit demi sedikit aku bisa melupkannya namun tidak sepenuhnya.dan kini aku telah bersama Rasyid teman kuliahku sekaligus teman 1 kelas dikampus.di sisi lain Daniel yang mengetahui bahwa aku telah bersama Rasyid terluka hatinya. Entah mengapa akhir-akhir ini Daniel mendekatiku lagi dan mulai menunjukkan sikap seperti saat kita masih bersama dulu dan aku hanya menanggapinya dengan wajar karena aku harus menjaga perasaan Rasyid juga.Hari ini begitu penat bagiku kuliahku sangat padat,setelah pulang dari kampus aku langsung tidur namun belum sampai aku memejamkan mata ada sms dari Daniel From: Daniel “bisakah kau menemuiku di taman biasa?” Dengan ragu aku membalasnya “maaf Daniel,aku sangat lelah,aku mau istirahat”.itulah sms balasan yang kukirimkan padanya,dan tak lama kemudian dia membalas “ oh,ya sudah kalau begitu,maaf telah mengganggu istirahatmu. Aku berjalan menelusuri jalan indah bersama Daniel,melakukan apa saja yang kita senangi,kurasakan sangat bahagia namun ternyata itu semua hanya mimpi dan belum sempat mimpi itu selesai aku dibangunkan oleh seseorang, yaitu Rasyid, ketika aku membuka mata di sudah berada tepat dihadapanku,dia mencium keningku dan berkata “sayang,maaf mengganggu tidurmu yang nyenyak” “tidak apa-apa sayang”aku menjawab dengan lirih “maukah kamu dinner bersamaku malam ini?cepat mandi dan ayo kita pergi.”Rasyid berkata Dan aku hanya mengangguk tanda bersedia. Malam ini ditemani lilin-lilin cantik aku makan malam bersama Rasyid, sungguh romantis namun fikiranku malah terbayang-bayang Daniel.Entah perapa puluh kali Daniel mendekatiku ,mencoba untuk lebih dekat denganku namun pendirianku sangatlah keras aku tak bisa cepat luluh dengannya.tepat pukul 06.00 pagi ini aku mendapat telpon darinya “Pagi ASya?dapatkah kamu keluar dan menuju balkon depan kamarmu?”suara di seberang Lalu aku berjalan dan membuka jendela,dan betapa terkejutnya aku melihat Daniel sudah berdiri tegak didepan pagar rumahku. “Asya?” “iya” “dapatkah aku minta sesuatu darimu?” “apa itu?” “tak ingatkah bahwa besok adalah ulang tahunku?dapatkah engkau menemaniku sampai malam ini,dan dapatkah kamu bersikap seperti kita masih pacaran dulu?sekali ini saja?”panjang lebar Daniel menjelaskan Aku sedikit terkejut dengan permintaannya,dan mengapa mulut ini dapat mengucapkan kata-kata untuk menolaknya,dan sekali lagi alasannya adalah Rasyid. Daniel yang mendengar jawabanku sedikit lemas dan terlihat sangat sedih lalu perlahan dia menutup telponnya dan pergi. kulihat meskipun jauh, matanya meneteskan air mata.mengapa aku begitu jahat?jeritku dalam hati. Sebuah sms Dari Rasyid “selamat pagi sayang?ntar berangkat kekampus bareng ya?jam 8 aku jemput. Itulah pesan pendek Rasyid.sebelum berangkat ke kampus aku membuatkan sarapan untuknya tak lupa makanan ringan untuk teman-temannya dan makanan untuk Daniel karena pagi ini kami akan mengadakan penggalangan dana untuk anak-anak jalanan dan kebetulan Daniel juga ikut terlibat,meskipun dulu kita pernah pacaran namun sekarang aku menganggap Daniel teman,sama seperti yang lain. Sampai di kampus anak-anak langsung menghambur dan memakan makanan yang aku bawa,Rasyid menyodorkan sebuah kotak makanan kepada Daniel namun Daniel menolaknya dengan alasan dia sudah kenyang,dia sangat serius berkutat dengan Hpnya.tak lama kemudian seorang wanita datang menemui Daniel,sikapnya sangat mesra tak lama,Daniel pergi dengan wanita itu,ada perasaan tak rela di hatiku. Hari ini setelah penggalangan dana selesai kita kembali berkumpul dikampus,namun kulihat Daniel malah menghindar dari kami dan memilih untuk menyendiri dan duduk di sofa sambil membawa air minum.wajahnya nampak kelelahan sedangkan aku pergi ke toilet.anak-anak yang berada disitu memanggil Daniel,Daniel bangkit namun kepalanya terasa amat pusing dan ketika dia sudah berdiri dia tumbang dan pingsan,anak-anak lannsung mengerumuninya. Rasyid yang cekatan langsung menolong Daniel dan membaringkan Daniel dipangkuannya sambil menepuk-nepuk pipi Daniel mencoba menyadarkannya. Tak beberapa lama aku datang,aku terkejut melihat Daniel berada dipangkuan Rasyid,Rasyid menyuruh teman-teman untuk memanggil ambulan.seketika itu juga tanpa aku sadari aku menangis melihat Daniel,aku sangat mengkhawatirkannya. Ambulan datang dan membawa Daniel ke Rumah sakit.Rasyid meyuruhku untuk ikut menemani Daniel,aku heran. “ASya,ayo kamu temani Daniel,dia sangat membutuhkan bantuanmu,aku tahu kamu masih mencintainya.nanti aku akan menyusul”kata Rasyid “Tapi Rasyid?” “Ayo cepatlah temani dia,jangan kau bohongi perasaanmu” Tanpa pikir panjang aku ikut menemani Daniel,diperjalan aku melihat Daniel lemas tak berdaya menutup mata,ku pegang tangannya dengan erat.dan air mata ini kian turun membasahi pipi Di dalam ambulan kulihat dia membuka mata,menatapku dan tersenyum namun ia memejamkan mata lagi,aku semakin khawatir,sampai di Rumah sakit dia langsung mendapat pertolongan dari dokter. Di luar, aku menunggu dengan cemas,tak berapa lama Doni datang memberi tahu bahwa Rasyid mengalami kecelakaan saat menyusul kami.aku semakin terkejut,aku langsung menuju UGD dimana Rasyid ditangani.aku menunggu dengan cemas,aku sedih melihat orang –orang yang kusayangi berjuang melawan maut. Aku menunggu di depan UGD bersama Doni,Doni berkata “Aku tahu,saat ini kamu sedang bingung memikirkan 2 orang yang kamu cintai itu?” Aku menengok tanda tak paham dan berkata “aku tak mengerti apa maksudmu?” “kamu tidak usah membohongi perasaanmu sendiri Sya kamu sayang kan sama mereka berdua?” Aku mengangguk dan menjawab “iya” “tapi diantara keduanya pasti kamu mempunyai rasa yang lebih kuat kepada salah satunya”tukas Doni “entahlah,aku tak tahu”jawabku singkat Lalu Doni bertanya lagi “seandainya mereka berdua tidak selamat.kepada siapakah kamu akan mengungkapkan rasa kejujuran perasaanmu?haruskah kamu mengantar kepergian mereka dengan dusta?aku tahu diantara mereka berdua pasti ada yang kamu prioritaskan”panjang lebar Doni mengatakan Sejenak aku terdiam dan Doni berkata lagi “kamu harus bisa memilih diantara Daniel dan Rasyid Sya?mantapkan hatimu untuk satu orang yang benar-benar kamu cintai dan yakinlah kamu tidak menyesal memilih orang itu. Belum sempat aku berkomentar dokter yang menangani Rasyid keluar dan mengatakan bahwa luka yang diderita Rasyid tidak begitu parah,hanya saja dia belum sadar,dan aku boleh menemuinya sekarang. Sedangkan ditempat lain namun masih berada di Rumah sakit yang sama, Dokter mengatakan bahwa keadaan Daniel saat ini kritis. Aku menemani Rasyid,tak lama kemudian Rasyid sadar,dan bertanya “mengapa kamu disini sayang?” “aku mau nemenin kamu,sayang.”jawabku Rasyid yang dengan kepalanya diperban masih terlihat lemas,aku menangis sambil memegang tangannya dan menciumnya,lalu dia mengusap air mataku “jangan nangis Sya!aku nggak papa kok,Bagiamana dengan keadaan Daniel?” “kata dokter keadaanya kritis”aku menjawab dengan pelan “ayo sekarang temani dia,dia butuh kamu ,aku tahu kamu masih sangat mencintainya,kumohon kamu jangan mendustai perasaanmu sendiri” “aku nggak mau kehilangan kamu Rasyid,aku sayang kamu”ucapku “kamu gak akan kehilangan aku Sya,tapi harus kamu tahu perasaan sayangmu ke aku Cuma sebatas sayang karena kita sudah mengenal lama.please Sya,jangan bohong,aku bisa melihatnya dari mata kamu kalau kamu sangat mencintainya “tapi Rasyid,aku ingin menemanimu”bantahku dengan sedikit berteriak. “terserah kamu kalau begitu,aku doakan semoga Daniel bisa bertahan dan sembuh yaa?”kata Rasyid “iya,semoga Daniel cepat sembuh” “kamu jangan nangis lagi Sya,ayo kamu duduk disini”.Rasyid menyuruhku naik ke tempat tidurnya. “ayo kita main tebak-tebakan”ucap Rasyid dan aku hanya mengangguk “kamu suka bakso atau soto?” “soto” “Merah atau hitam?” “hitam” “Laut atau taman?” “benci atau cinta?” “cinta” “Rasyid atau Daniel?” “Daniel” Aku langsung menutup mulutku dengan telapak tanganku.bagaimana bisa aku mengatakan itu dan Rasyid pun berkata “kamu memang gak bisa bohong Sya,semua yang aku tanyain adalah hal-hal yang kamu suka dan sekarang sudah jelas kalau kamu masih suka sama Daniel,jangan ingkari itu Sya” Sekarang aku mengerti,memang sudah saatnya aku jujur dengan hatiku dan tidak keras kepala lagi. “ayo Sya,cepat temani dia,kamu sudah lama ninggalin dia”pinta Rasyid Dan akupun pergi meninggalkan Rasyid Aku hanya bisa terdiam dan menangis disamping tubuh itu,dia terdiam terlihat tenang dan kuraih tangannya,ku genggam dan aku kembali berurai air mata,saat ini dihadapanku adalah Daniel,mantan kekasihku,dimana sudah 6 tahun aku mencintainya bahkan sampai sekarang aku masih mencintainya,kuputar ingatan masa lalu,saat indah bersamanya.mungkin ini semua memang salahku,aku yang tak peduli dengannya saat dia meminta pertolongan. Kurasaan tangannya sedikit bergerak dan kulihat matanya mulai terbuka,dan perlahan dia menyebut namaku,aku sedikit lega. Aku memanggil dokter untuk memeriksanya,dia berkata memang Daniel sudah sadar namun keadaannya belum sepenuhnya baik dokter masih akan melakukan beberapa pemeriksaan lagi. “Asya,kenapa kamu disini?” “aku mau menemanimu niel,apakah tidak boleh?”tanyaku “bukan begitu,tapi bagaimana dengan Rasyid?” “jangan banyak bertanya dulu,pulihkan keadaanmu dulu,Tenang saja aku hanya ingin berada disampingmu”jawabku Aku yang sedari tadi berada disampingnya melihat ia tertidur merasa tentram namun jika dia tidak membuka mata lagi bagaimana perasaanku?aku akan sangat terluka pastinya.kata dokter walaupun keadaanya membaik namun dia bisa juga drop kapan saja. Aku takut saat kamu memang tak disisiku Aku merasa takut jika kamu benar-benar pergi Aku tak tahu bagaimana lagi Jika kamu meninggalkan aku Saat ini Daniel sudah keluar dari Rumah sakit ,sedangkan Rasyid sudah keluar 2 hari sebelum Daniel Keluar,aku senang melihat dia sudah sehat seperti dulu. Dan beberapa bulan berlalu sekarang aku kembali bersama Daniel merangkai cinta yang indah tanpa ada dusta yang menghalangi karana aku telah jujur dengan hatiku. Sore ini aku berada di taman dimana pertama kali kita berjumpa 17 tahun lalu.awan mendung menandakan hujan akan segera turun namun aku dan Daniel masih tetap berada di situ,kita berdua duduk bersama menikmati hujan rintik-rintik yang jatuh.dia sandarkan kepalanya di pundakku menggenggam tanganku seranya mencium bibirku dan berkata “aku mencintaimu Sya”hujan semakin deras namun kita tetap bertahan disitu menikamti hujan yang dibawa angin.lama terdiam Daniel tidur di Pangkuanku, aku khawatir dan semakin cemas, ternyata, Daniel telah pergi,pergi bersama hujan yang kian mereda . kukira itu adalah senja terpedih yang kualami bersamanya,kehilangan cinta untuk kedua kalinya. Aku bangun dengan terkejut, kulihat disampingku Daniel masih tidur dengan nyenyaknya.aku bersyukur ternyata hanya mimpi saja,karena tak mau kehilangan dia kupeluk dengan erat tubuh laki-laki yang sekarang telah menjadi suamiku itu dan aku melanjutkan tidurku, merangkai mimpi berbeda yang kuharap lebih indah daripada mimpi yang tadi. +=TAMAT=+

Blogger templates

apapun yang terjadi pada anda hari esok itu adalah hasil dari hari ini

Pages

http://lh3.ggpht.com/_QwvI2Zom950/S9fh7sWFmZI/AAAAAAAAAjo/4XSAPbjBies/s128/Teori%20Ngeblog%20CURSOR%2011.gif
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

About me

About Me